Sabtu, 13-07-2024
  • [ Hari Efektif Senin s/d Sabtu ] - [ Kegiatan Belajar Mengajar : 07.00 - 14.10 ] - [ Layanan Administrasi Sekolah : 07.00 - 14.10 ] - [ Layanan Cap Tiga Jari : 08.00 - 11.00 ]

Karakteristik Siswa

Jumlah siswa SMP Masyithoh Kroya tahun pelajaran 2023/2024 ada 861 orang, terdiri dari 461 orang pria, dan 401 orang wanita, dan terbagi dalam 30 rombongan belajar.

Latar belakang kondisi keluarga peserta didik

  • Latar belakang pekerjaan dan penghasilan orang tua peserta didik

Dari data yang berupa angket peserta didik kelas VII diketahui bahwa sebagian kecil orang tuanya memiliki pekerjaan sebagai petani dengan penghasilan antara Rp. 1.000.000,00 s.d. Rp 2.000.000,00, sebagian kecil orang tuanya memiliki pekerjaan sebagai pedagang dengan penghasilan antara Rp. 2.000.000,00 s.d. Rp 2.500.000,00, dan sebagian besar orang tuanya memiliki penghasilan antara di atas Rp. 3.000.000,00. Sebagian besar peserta didik hidup bersama serumah antara 3 orang s.d. 5 orang per keluarga, sebagian kecil peserta didik hidup bersama serumah antara  orang 6 s.d. 7 orang per keluarga.

  • Latar belakang sarana dan prasarana yang ada di rumah

Hampir 87 % peserta didik tinggal di pondok dengan keluarga yang memiliki rumah permanen, sebagian kecil peserta didik tinggal di rumah sendiri keluarga dengan keluarga yang memiliki rumah semi permanen, dan sebagian lagi tidak tinggal di rumah sendiri keluarga dengan kondisi rumah permanen/ semi permanen. Sebagian besar peserta didik memiliki sarana belajar yang cukup untuk belajar di pondok dengan bimbingan ustadz/ustadzah, sebagian kecil peserta didik belajar di rumah dengan bimbingan orang tua dengan ketersedian lampu penerangan yang cukup, tempat belajar sendiri, perlengkapan elektronik pendukung belajar, misalnya laptop, hp, TV, video player, WiFi, sebagian kecil peserta didik tidak memiliki sarana belajar mandiri di rumah secara lengkap.

  • Peran orang tua dalam pendampingan belajar peserta didik di rumah

Sebagian kecil peserta didik yang mendapat perhatian dan bimbingan belajar di rumah dari orang tuanya, bahkan ada yang tidak mendapatkan bimbingan sama sekali.

Kegiatan peserta didik di pondok, rumah dan lingkungan

  • Kebiasaan di pondok

Sebagian besar peserta didik memiliki kebiasaan rutin di pondok dengan adanya jadwal kegiatan dari mulai bangun tidur di pagi hari sampai waktunya tidur di malam harinya. Kegiatan tersebut seperti melaksanakan ibadah, mengikuti kegiatan keagamaan, menjaga kebersihan dan kesehatan diri, serta belajar secara mandiri namun tidak terlepas dari bimbingan ustadz/ustadzah.

  • Kebiasaan di rumah

Sebagian kecil peserta didik memiliki kebiasaan rutin di rumah untuk belajar mandiri, melaksanakan ibadah, membantu orang tua, menjaga kebersihan dan kesehatan diri. Sebagian kecil peserta didik kurang memiliki kebiasaan baik di rumah yang mendukung peserta didik sebagai peserta didik pembelajar.

  • Keikutsertaan peserta didik dalam kegiatan keagamaan dan kegiatan lainnya di lingkungan pondok maupun lingkungan masyarakat.

Sebagian kecil peserta didik aktif dalam kegiatan keagamaan dan kegiatan lain yang positif misalnya olah raga dan kesenian di lingkungannya

Cita-cita peserta didik

Dari kuesioner peserta didik dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik bercita-cita menjadi dokter sebagian lagi bercita-cita sebagai polisi, atlet, dan lain-lain.

Arsip Post :